INFO Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hujan Deras, 14 Perumahan di Kota Tangsel Dilanda Banjir

Hujan Deras, 14 Perumahan di Kota Tangsel Dilanda Banjir

Ruas tol BSD di Kota Tangsel terendam banjir usai hujan deras mengguyur pada Jumat malam (15/7/2022). Foto: istimewa

WartaPolitika.Com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mencatat sedikitnya 14 lokasi mengalami banjir akibat hujan deras. 

Kepala BPBD Kota Tangsel, Uci Sanusi mengatakan, belasan titik banjir itu terjadi pada sejumlah permukiman warga. Menurutnya, banjir terjadi usai wilayah Kota Tangsel diguyur hujan sejak Jumat (15/7/2022) hingga Sabtu (16/7/2022).  

"Hujan lebat, durasinya bahkan sampai malam juga. Titik banjir yang kita pantau ada sekitar 14 titik," terangnya, Sabtu (16/7/2022). Uci mengungkapkan, selain belasan titik itu, terdapat pula sejumlah ruas jalan yang dilaporkan masyarakat terendam banjir.  

Namun, BPBD Kota Tangsel lebih mengutamakan penanganan dan pencatatan titik banjir yang melanda kawasan permukiman warga.  "Genangan-genangan air di jalanan kita nggak fokusin, 14 titik saja yang jadi perhatian khusus," ungkapnya.  

Tapi hingga Sabtu malam (16/7/2022), masih tersisa tiga titik lokasi yang masih terendam banjir. Lokasi perumahan yang masih terendam air itu berlokasi di wilayah Kecamatan Ciputat Timur, Pamulang dan Serpong. 
 
”Untuk di Ciputat Timur itu yang masih banjir di Perumahan Cirendeu Permai di RW 012. Dengan ketinggian air 70 centimeter," terang Uci juga. Dia menjelaskan, banjir di Perumahan Cirendeu Permai, disebabkan dari luapan Kali Pesanggrahan dan turab kali perumahan yang jebol. 
  
”Lalu banjir juga masih terjadi di Perumahan Villa Pamulang tepatnya di RW 017 Kecamatan Pamulang. Ketinggian air masih 30-60 centimeter. Pemicunya karena intensitas hujan sedang hingga deras yang disertai angin kencang sehingga drainase tidak menampung debit air yang masuk," katanya juga.
 
Kemudian banjir juga masih terajdi di wilayah Buaran, Kampung Jati, di RW 05, dengan ketinggian air mencapai 45 centimeter. Banjir di Kampung Biara itu, lebih disebabkan adanya hujan deras, angin kencang dan luapan air dari Kali Angke. 
 
"Ketiga titik banjir ini tergenang sejak pagi tadi sekitar pukul 04.30 untuk di Perumahan Cirendeu Permai, pukul 05.00 di Villa Pamulang dan pukul 08.00 pagi tadi untuk banjir yang di Buaran. Jadi saat di tempat lain banjir sudah surut, di tiga tempat ini baru tergenang," paparnya juga. 
 
Dari tiga lokasi terdampak banjir itu, paling besar banjir terjadi di Perumahan Villa Pamulang, dengan jumlah Kepala Keluarga terdampak sebanyak 100 kepala keluarga (KK).
 
”Kalau di Perumahan Cirendeu terdampak sebanyak 90 KK dan banjir di wilayah Buaran yang terdampak hanya 8 KK. Sedangkan yang mengungsi baru 30 orang. Rinciannya, 10 orang dari Perumahan Cirendeu Permai dan 20 jiwa dari Perumahan Villa Pamulang," cetus Uci juga. (timred/WTP)


#banjir
#kotatangerangselatan
#tangsel
#bencanaalam
#hujanderas
#tangguljebol
#banjirkiriman
Anda sekarang membaca artikel Hujan Deras, 14 Perumahan di Kota Tangsel Dilanda Banjir dengan alamat link https://www.wartapolitika.com/2022/07/hujan-deras-14-perumahan-di-kota.html

0 Comments:

Responsive

Ads

Here