INFO Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Grup Tari Indonesia Raih Penghargaan Internasional di Korea Selatan

Grup Tari Indonesia Raih Penghargaan Internasional di Korea Selatan

Grup tari Svadara (ist) 

WartaPolitika.Com – Sanggar Tari dan Musik Tradisional, Svadara Indonesia, meraih juara ketiga dalam kompetisi tari bertajuk Powerful Daegu Festival yang diselenggarakan tanggal 8-11 Juli 2022 di Daegu, Korea Selatan. 

Festival yang sebelumnya bertajuk Colorful Daegu Festival merupakan kompetisi pertunjukan seni dari Korea dan berbagai negara yang dikemas dalam street performance dan parade yang dibagi dalam dua kategori, Lokal (Korea) dan Internasional. 

Grup Svadara yang mewakili Indonesia mengirimkan 14 penari dan 4 official ke Powerful Daegu Festival ini menampilkan keindahan Indonesia melalui tarian dari berbagai daerah yaitu Bali, Sumatera Barat, DKI Jakarta, dan Papua. 

Tarian tersebut ditampilkan secara berurutan untuk menceritakan sebuah proses meraih kebahagiaan dan menggambarkan bagaimana masyarakat Indonesia mengungkapkan rasa syukur. Tarian sebagai ekspresi kebahagiaan dan rasa syukur menyambut kondisi yang mulai normal kembali, setelah dua tahun lebih pandemi. 

Pemimpin Grup Svadara Indonesia untuk kompetisi ini, Alfrida Chrisna Sitorus, mengatakan, pihaknya sangat bangga dan bersyukur dapat tampil di kompetisi tari internasional dan meraih penghargaan sebagai juara ketiga bersaing dengan negara-negara lain. 

"Penghargaan ini semakin memacu kami untuk terus berkarya melestarikan dan memperkenalkan seni tari Indonesia ke dunia. Kami sangat antusias untuk terus berkarya dan tampil secara offline lagi,” ujarnya dikutip Minggu (17/7/2022). 

Tahun 2015 Svadara Indonesia juga pernah mewakili Indonesia dalam Sabah International Folklore Festival dan memenangkan penghargaan kategori Highest Online Presence. 

Selain aktif mengikuti kompetisi Internasional, Svadara Indonesia beberapa kali tampil sebagai undangan dalam acara kebudayaan, antara lain di Festival Antar Bangsa di Pahang, Malaysia (2017), Malam Kebudayaan di Penang, Malaysia (2018), dan Malam Kebudayaan di Khartoum, Sudan (2017 dan 2019). 

Svadara Indonesia juga aktif mengikuti berbagai kompetisi di wilayah DKI Jakarta dan lingkup nasional. Untuk memperkuat eksistensinya, Svadara Indonesia aktif mengadakan pementasan karya tari. 

PUSUH, salah satu karya Svadara yang dipentaskan secara online di tahun 2021 merupakan salah satu bukti nyata komitmen Svadara Indonesia untuk tetap berkarya meskipun terhambat oleh kondisi pandemi. (timred/WTP

#gruptari
#traitradisional
#musiktradisional
#svadara
#PowerfulDaeguFestival
Anda sekarang membaca artikel Grup Tari Indonesia Raih Penghargaan Internasional di Korea Selatan dengan alamat link https://www.wartapolitika.com/2022/07/grup-tari-indonesia-raih-penghargaan.html

0 Comments:

Responsive

Ads

Here