INFO Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bunda, 5 Alat Medis Ini Wajib Ada di Rumah Ya

Bunda, 5 Alat Medis Ini Wajib Ada di Rumah Ya

Ibu dan bayi. Foto: Ilustrasi/ Freepik

WARTAPOLITIKA.COM - Kesehatan anak adalah yang utama. Bagi orang tua baru, pengetahuan menjaga kesehatan anak juga masih minim. 

Maka itu, dibutuhkan pengetahuan dasar apa saja yang harus dilakukan ketika anak di rumah demam atau sakit lainnya. Paling tidak, ada 5 peralatan medis yang wajib ada di rumah:

1. Termometer

Alat medis pertama yang sangat penting dimiliki orang tua adalah termometer. Alat pengukur suhu tubuh ini sebaiknya selalu ada di rumah. 

Ini untuk melihat seberapa tinggi suhu badan anak saat ia demam. Dengan mengetahui suhu badan anak, orangtua akan lebih bijak kapan harus memberi anak obat penurun panas dan merawat anak dengan lebih serius lagi. 

2. Kotak P3K

Penting adanya kotak P3K atau kotak pertolongan pertama pada kecelakaan di rumah. Saat anak bermain, tidak jarang ia akan terjatuh yang menyebabkan luka. Dengan memiliki kotak P3K yang lengkap isinya, Bunda bisa membersihkan dan mengobati luka yang terjadi pada anak di rumah secara sederhana. 

3. Oralit

Oralit juga sangat penting disiapkan di rumah. Ini demi mengatasi masalah diare yang mungkin saja terjadi pada anak maupun anggota keluarga lain. Selain bisa menghentikan diare, oralit juga bermanfaat menggantikan cairan yang hilang setiap kali anak diare.

4. Balsam

Balsam dan beberapa jenis minyak seperti minyak telon, minyak kayu putih atau minyak tawon juga penting dimiliki di rumah sebagai penunjang kesehatan anak. 

Balsam dan sejenisnya bermanfaat untuk meringankan masalah flu, gatal-gatal akibat gigitan serangga bahkan bisa mengatasi perut kembung pada anak. Aneka minyak seperti minyak telon dan kayu putih juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh anak.

5. Oximeter

Di masa pandemi COVID-19, alat pengukur kadar oksigen dalam darah. Alat ini penting untuk mengetahui kondisi kurangnya oksigen dalam tubuh umumnya tidak menimbulkan gejala. 

Adapun kegunaan alat ini yaitu untuk memantau kadar oksigen dalam tubuh. Oximeter digunakan untuk memeriksa seberapa baik jantung memompa oksigen ke seluruh tubuh. (Timred/WTP)

#alatmedisdirumah
#termometer
#oximeter
#cekoksigendalamdarah
#menjagakesehatananak
#demam
Anda sekarang membaca artikel Bunda, 5 Alat Medis Ini Wajib Ada di Rumah Ya dengan alamat link https://www.wartapolitika.com/2022/07/bunda-5-alat-medis-ini-wajib-ada-di.html

0 Comments:

Responsive

Ads

Here